Arema Elektronik

Sabtu, 17 November 2012

Flashdisk tidak bisa diformat


Flashdisk tidak bisa diformat :
Beberapa Solusi Lengkap Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat
Saat menancapkan flashdisk, kemudian mencoba masuk ke drive Flashdisk tersebut, ternyata ada pesan bahwa flashdisk tidak bisa diformat. Padahal flashdisk ke deteksi oleh system di explorer. Ada banyak cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat. Ini pengalaman saya ketika dimintai tolong salah satu instruktur di tempat saya bekerja yang flashdisknya tidak bisa diformat. Beberapa menit browsing di google, mencoba, tapi tak kunjung berhasil. Jadi, silakan di coba – coba ya. Masalahnya, flashdisk yang tidak bisa diformat juga penyebabnya banyak. Hehehe. Ya walaupun sebagian copas, tapi tidak asal copas. Terimakasih utk sumber2 berikut.
SOLUSI PERTAMA :
Sumber : http://www.sistempakar.com/komputer/flash-disk-tidak-bisa-di-format.html(dengan perubahan )
Berikut ini langkah langkah yang harus anda lakukan:
-          Anda buka windows run ( Start > Run ), atau tekan tombol Windows + R
-          Lalu ketik “compmgmt.msc” tanpa spasi, tekan enter
Atau :
-          Start > Control Panel >  Administrative Tools > Computer Management
-          Pada jendela Computer Manajement, pilih Storage > Disk Management
-          Di sini ada Flashdisk Anda, dibagian bawah, ada Disk1, kemudian Anda klik kanan, terus pilih Create Partition. Setelah itu kamu klik kanan lagi, pilih format dan Selesai sudah flashdisk sudah bisa digunakan kembali.
-          Atau klik kanan Format.
Semoga flashdisk anda bisa diformat.
SOLUSI KEDUA :
Sumber : http://blog.syukhri.web.id/memperbaiki-flashdisk-yang-rusak.htm
( belum saya coba, hehe)
Langkah yang harus dilakukan:
  1. Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBillKnoppix atau distro lainnya,
  2. Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah satu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja yang terpasang,
  3. Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala,
  4. Masuk ke console
  5. Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang),
  6. Delete atau hapus partisi pada flashdisk,
  7. Buat partisi baru dengan memilih Create New | Write,
  8. Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan,
  9. Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console.
  10. Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows.
Format flashdisk Menggunakan USB Disk Storage Format Tool
Di samping cara di atas, anda juga bisa menggunakan tools yang dikeluarkan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah Hewlet Packard (HP). Walaupun tools ini dikeluarkan oleh HP, namun utilisasinya juga bisa digunakan pada flashdisk merek lain.
Berikut langkah-langkah memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool:
  1. Download aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool di sini,
  2. Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware,
  3. Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows,
  4. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
  5. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
  6. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
  7. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan.
Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.
SOLUSI KETIGA :
Kemaren waktu saya coba nyimpen data di flash disk tiba tiba aja ada message box kaya gini
Pertamanya kaget juga”kenapa nih?”akhirnya saya putuskan gak jadi nyimpen di flash disk,terus saya coba hapus filenya eeeh gak bisa juga, dalam hati saya”wah paraah nih”. Akhirnya saya putusin mau diformat aja flash disknya mungkin kena virus.Ternyata gak BISA DIFORMAT!! waduh gimana nih masa ini flash disk mau saya buang? sempat berpikir sejenak akhirnya saya putusin cari info aja di google. dan hasilnya ketemu artikel semacam ini:
Pengetahuan pada artikel kali ini adalah :
-          Flash Disk mengalami Write Protect Error
-          Anda tidak dapat membuang file atau memasukan file ke dalam Flash Disk
-          Upaya melakukan format pada Flash Disk mendapatkan pesan Write Protect
-          Flash Disk terkadang mengalami hal yang sama bila digunakan oleh computer berbeda. Dan tetap tidak dapat digunakan oleh computer anda, walaupun terkadang dapat bekerja pada computer lain
Pesan ditampilkan pada Windows XP :
Pada pesan pertama, pesan muncul ketika dilakukan format
Pesan ke 2 ketika file lakukan write file atau memindahkan file ke flash disk
Pesan ke 3 adalah pesan lainnya ketika flash disk dimasukan data dari harddisk


Tip dengan CHKDSK dan Format melalui Dos Prompt:
1.       Masuk ke DOS Prompt Windows XP dan ketik CHKDSK /F Drive letter, caranya ketik chkdsk /f  v: <enter>
NB: v = letak drive nya, misal di G ya diganti g: , itu pengalaman saya.
2.       Selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba anda buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive V: adalah DEL V:*.*
3.       Sekali lagi anda coba format dengan perintah Dos Promt. Format V:
4.       Atau gunakan cara melalui Computer Management dan lihat volume drive V, dan anda coba format. Bila masih terdapat pesan error lakukan boot pada computer
Tahap 1
Tahap 2
Tahap 3.4

Result
Flash disk anda mengalami corrupt. Cara yang disebutkan diatas adalah untuk memperbaiki flash disk yang corrupt file dan mengalami file protect ketika mengcopy atau memindahkan data serta tidak dapat melakukan format.
Selesai melakukan format pada Flash Disk, tetapi anda mendapat pesan yang sama ketika melakukan format. Coba anda lakukan boot pada computer untuk me-refresh Windows XP agar mengenal Flash Disk anda. Bila masih mengalami hal sama, coba anda ulangi kembali melakukan chkdsk, bila masih terdapat pesan invalid link. Bila kedua kalinya anda masih mengalami hal tersebut, cara yang kami berikan tidak berlaku untuk flash disk anda ;-)
Kasus Flash Disk Write Protect terkadang hanya terjadi pada satu buah computer sementara beberapa waktu masih dapat digunakan oleh computer berbeda. Tetapi dapat juga langsung terjadi pada semua computer yang ketika anda menghubungkan Flash Disk anda baik pada sistem Windows XP atau OS lain
Hal lain dapat saja membuat error pada flash disk anda dan belum tentu disebabkan karena corrupt file yang membuat kasus seperti diatas.
CATATAN PENULIS : nah, disolusi ketiga inilah, flashdisk yg tadinya tidak bisa diformat, menjadi bisa diformat setelah mengetikkan perintah chkdisk /f v:, khususnya pada langkah dg command prompt , lalu tinggal di format melalui solusi Pertama, atau masuk ke drive flashdisknya di expolore, klik kanan, format.
SOLUSI KEEMPAT
Sumber : http://kincling.blogspot.com/2009/01/tips-memperbaiki-flashdisk-yang-tidak.html
Beberapa waktu yang lalu,,, flashdisk saya yang ber-merk Transcend seri Jetflash V30 secara tiba-tiba gagal berfungsi. Entah mengapa ketika saya menancapkan flashdisk tersebut ke laptop, muncul pesan bahwa flashdisk tersebut belum diformat. Dan setelah diformat lewat my computer, tetap saja flashdisk error saat dibuka dan membuat sistem komputer menjadi hang, bahkan ukuran space flashdisk tersebut berubah menjadi hanya 1Mb saja. Berkali-kali saya coba memformat flashdisk tersebut, tetap saja tidak membuahkan hasil.
Lalu saya coba googling tentang cara reparasi flashdisk, ada yang menyarankan memakai software HP USB Disk Storage Formatter Tool (download di sini). Software tersebut pada prinsipnya memformat flashdisk secara penuh. Namun ternyata, lagi-lagi proses format gagal, flashdisk tetap tidak bisa dipakai.
Bingung karena gada solusi, iseng-iseng saya coba membuka flashdisk saya. Di situ terlihat ada dua komponen berwarna gelap yang berbentuk segi empat. Komponen yang lebih besar adalah modul memory, modul memory tersebut menentukan besarnya kapasitas flashdisk. Komponen yang lebih kecil adalah mikrokontroller. Mikrokontroller mengendalikan segala aktifitas pembacaan dan penulisan pada flashdisk.

Setelah dicermati, merek dari mikrokontrollernya adalah ALCOR-AU6982. Saya menemukan ide untuk memprogram ulang (reFlash) mikrokontroller tersebut. Ide tersebut muncul setelah saya mengupgrade software Nokia 5700 saya dari versi 3.27 ke versi 5.11 dan setelah memflash nokia 3100 yang matot menjadi normal kembali. Kalau hape saja bisa, kenapa flashdisk ngga bisa???
Lalu saya search eyang google lagi dengan mencantumkan nama “alcor AU6982 flash”, pada sebuah situs berbahasa rusia, saya menemukan tool untuk memprogram ulang ALCOR AU-6982 yang merupakan mikrokontroller pada flashdisk Transcend Jetflash V30.
Lalu saya download tool tersebut, jalankan…..dan Abracadabra,,,,, Flashdisk berfungsi normal kembali!!!
Tool untuk memprogram ulang alcor au6982 atau untuk flashdisk transcend Jetflash V30 bisa di download di sini.
Berikut ini merupakan screenshot proses repair flashdisk….
Click gambar untuk memperbesar ukuran
Menurut analisa saya, penyebab rusaknya flashdisk saya adalah hilangnya tutup flashdisk. Jika flashdisk tidak bertutup, jika metal usbnya dipegang tangan, kemungkinan listrik statis dari tangan dapat merusak komponen elektris pada flashdisk. Dalam kasus ini, kemungkinan terjadi gangguan pada mikrokontroller yang mengharuskan memprogram ulang mikrokontroller tersebut.
Bahkan merek flashdisk tersebut bisa saya ganti dengan nama saya,hhe,,,seperti ini,,,
Cara mengganti mereknya adalah dengan mengubah konfigurasi yang terdapat pada file AlcorMP.ini
Jadi, apabila flashdisk anda rusak dan masa garansinya sudah habis, solusi ini bisa anda coba diterapkan.
Semoga tips ini bisa berguna bagi anda.
SOLUSI KELIMA
Menggunakan tools utility  seperti ChipGenius., USB data Drive Recovery, dll, silakan googling. Hehe..
Apa lagi ya solusinya?
Kata Instruktur tadi, “ Ya dah deh mas kalo gak bisa, lembiru aja”. Hah..Lembiru?apaan tuh, ternyata ada solusi KEENAM, yaitu Lembiru, Lempar dan Beli yang baru. Haha..ada2 saja.
Semoga keenam solusi yang hanya copas namun saya perbaharui tadi, bermanfaat. Terimakasih.
Untuk lebih jelasnya, silakan download DI SINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar